Membuat jaringan Ad-hoc dengan mudah di Ubuntu

Ad-hoc adalah sebuah jaringan yang dimana akan membagi/sharing internet kepada laptop lain yang sedang aktif. Di sistem operasi Windows bisa juga anda melakukan setting mode Ad-hoc, tetapi memerlukan beberapa langkah yang saya rasa masih lebih mudah untuk setting di sistem operasi Linux(Ubuntu). Nah, untuk membangun sebuah jaringan Ad-hoc di Ubuntu caranya sangat mudah, hanya dengan tiga langkah saja.

Pertama klik NetworkManager Applet yang berada pojok kanan atas dan pilih Create New Wireless Network seperti pada gambar dibawah



Selanjutnya isi dialog box sesuai yang diinginkan dan klik button Create



Seperti pada gambar diatas saya memberikan WEP key untuk jaringan Ad-hoc yang saya buat. :D

Untuk mengetestnya apakah berhasil atau tidak, silahkan anda cek di Laptop lain yang sedang aktif dengan mengklik NetworkManager Applet.
Jika berhasil, maka disitu akan muncul Nama dari ESSID dari jaringan Ad-hoc, misalnya yang saya buat tadi yaitu darmanex2.



Karena saya memberikan WEP key, sebelumnya si Laptop yang akan terhubung ke Wireless saya harus memasukkan Key terlebih dahulu agar bisa terkoneksi ke internet.



Pada gambar diatas menandakan bahwa si Laptop telah terhubung ke Wireless jaringan Ad-hoc yang saya buat tadi.
Hanya dengan tiga langkah saja, Laptop teman saya(baca:frijal) bisa terhubung ke internet dengan koneksi jaringan Ad-hoc.

Silahkan bagi yang ingin mencoba, semoga bisa selalu berbagi koneksi internet dengan teman anda tanpa adanya kendala.... :D




7 thoughts on “Membuat jaringan Ad-hoc dengan mudah di Ubuntu”

  1. udah bisa konek ke luar kok mas... lha ini bales komen sampeyan juga dari sharing koneksi di kandangnya Darmanex...

  2. @milisdad
    dicoba sek mas...silahkuen :D

    @frijal
    perjam 2000 aja yak...xixixixiii...

  3. itu ternyata harus buat lagi account baru setiap server di matikan jadi baru bisa kopnek ke inet :D (pengalaman sendiri)kalo gak gitu ntar sampe lebaran monyet pun gak bisa konek inet :D

Leave a Reply

Please leave a comment and do not give a spam! Comments that smells of spam will be deleted without prior notice