Install phpbb yuuuk...

Pada kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial cara instalasi PHPBB secara manual. Disini saya menggunakan PHPBB dengan versi 3.0.1 atau bagi anda yg ingin mendownload bisa langsung ke situsnya aja. Oya, untuk instalasi phpbb3.0.1 ini dengan asumsi bahwa anda telah mendownloadnya disitus yang telah saya sebutkan sebelumnya. Sebelum melakukan proses instalasi ada baiknya anda mengestrak/unzip terlebih dahulu phpbb3.0.1 dikarenakan filenya masih berbentuk .zip. Karena di kompie saya menggunakan Linux, maka setelah saya mengestrak phpbb yang telah kita didownload tadi kemudian folder hasil estrakan tersebut saya taruh di folder /var/www/phpbb3 dan setelah itu barulah kita akan memulai melakukan instalasi phpbb3.0.1.
Langkah pertama untuk melakukan instalasi, terlebih dahulu buka browser kesayangan anda dan kemudian ketikkan “localhost”pada url browser dengan asumsi dikompie anda telah terinstall Apache webserver ato bisa juga menggunakan XAMPP ato yang lain jg boleh, dikompie saya sendiri menggunakan Apacahe2. Untuk mengaktifkan Apache2 saya tinggal menggunakan perintah sebaris aja

manex@ubuntub0x:~$ sudo /etc/init.d/apache2 start

Dan tentunya mengaktifkan juga MySQL-nya

manex@ubuntub0x:~$ sudo /etc/init.d/mysql start

Starting MySQL database server mysqld [ OK ]

Setelah setting-menyetting telah selesai, sekarang mempersiapkan nama database untuk phpbb yang akan kita install. Sebelumnya buatlah nama DB di phpmyadmin tergantung anda mo ngasih nama apa sebagai DB-nya. Akses browser anda dengan mengetikkan “http://localhost/phpbb3” dan anda akan masuk ke phpbb installation panel, disitu silahkan anda klik menu tab install.




Setelah anda klik menu tab INSTALL, anda klik "Proceed to next step". kemudian anda klik "Start Install".



Pada bagian “Database setting”, anda bisa pilih database type "mysql", selanjutnya pada Database server hostname or DSN isikan “localhost”, Database name(nama db yg telah kita buat sebelumnya), Database username dan Database password sesuai settingan di phpmyadmin.



Setelah mengisi semua yang dibutuhkan, kemudian klik “Proceed to next step”. Dan setelah itu anda akan menemukan test connection database yang anda buat, jika test connection berhasil, kemudian anda klik "Proceed to next step" lagi.



Sekarang kita berada pada page “Administrator configuration”, silahkan anda isikan Administrator username dan Administrator password sesuai yang anda inginkan. Klik lagi “Proceed to next step”



Dan setelah itu akan muncul page “Download config”, kemudian silahkan klik “Done”. Setelah itu anda akan dibawa ke page berikutnya “Advanced settings” klik “Proceed to next step” dan page “Create database tables” klik lagi “Proceed to next step”. Dan yang terakhir page “Final stage”, yang berarti proses instalasi telah selesai dan selanjutnya anda tinggal melakukan login.




Setelah anda melakukan instalasi, jangan lupa untuk merename atau menghapus folder install/ supaya tidak di salah gunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab .
Dan coba anda mengakses dibrowser anda untuk melihat hasil instlasi kita, maka akan tampil seperti dibawah ini.




Bagaimana anda ingin mencoba..??? Lumayan mudah kan..... :D
Okeh, sekian tutorial dari saya mengenai instalasi phpbb. Semoga bermanfaat bagi anda... C u
piss-ah

3 thoughts on “Install phpbb yuuuk...”

  1. bro gak bisa nch kenapa di suported database nya ada yg unavailable tu kenapa ea tolong blz di www.otnir.co.cc trimakasih

  2. Unavailable gmn :-/ ?? btw,installnya dimana, localhost atau dihostingan ? kalo bro mengikuti langkahnya dengan benar mungkin tidak ada masalah...

Leave a Reply

Please leave a comment and do not give a spam! Comments that smells of spam will be deleted without prior notice